Kamis, 25 September 2014

Budaya NTT

BUDAYA DAN PELESTARIAN LABUAN BAJO



Komodo,pasti anda semua sudah tahukan binatang purba yang sampai sekarang masih hidup..??? komodo merupakan spesies kadal tertua dan terbesar di dunia,memiliki panjang rata-rata 3 M (meter)dan berat badan 70-160 kg dengan ukuran yang begitu raksasa,tercatat hingga tahun 2008 populasi komodo di TNK (taman nasional komodo) mencapai 2.567 ekor,Habitat aslinya berada di PULAU KOMODO sendiri.
_memiliki 3 buah mata
    tahukah anda bahwa komodo mempunyai 3 buah mata ? mata yang ke tiga dari binatang buas namun unik ini terletak persis di  tengah-tengah kepalanya (hahahaha..macam di film kartun dragon ball saja ).menurut penelitian mata ini lebih berfungsi sebagai sensor bagi komodo untuk dapat mengukur intensitas cahaya,sehingga dapat menuntun komodo untuk mencari wilayah yang lebih panas ketika komodo harus menjaga kesetabilan suhu tubuhnya.
_memiliki 2 buah penis
Dan penelitian yang membuat binatang ini semakin unik adalah Pejantannya yang memiliki 2 buah batang penis atau istilah ilmiahnya adalah HEMYPHENESIS meskipun tidak disebutkan dengan jelas  pada saat kawin apakah kedua penis ini melakukan penetrasi.komodo juga memiliki penciuman yang tajam mencapai 11 km dengan menggunakan lidah ber-cabang-nya dan organ jacobson yang terdapat pada langit-langitnya,membuat komodo tidak pernah meleset dalam mencium mangsanya.
Biasanya wanita yang sedang dalam periode menstruasi dianjurkan untuk tidak terlalu dekat dengan binatang ini karena dapat membangkitkan nafsu makan komodo dan membuat binatang ini menjadi buas (begitulah kata guide yang membimbing kami menjelajah pulau komodo..preettt..),komodo dalam sekali makan biasanya dapat melahap hingga 50% dari berat tubuhnya(ckckck..rakus juga ya),pada umumnya komodo dapat mencapai usia 50 tahun+,dapat berlari dengan kecepatan rata-rata 18 km/jam (woww…!!!! tapi kencengan jupiter mx q dunk…) dan dapat berenang paling tidak sejauh 500 meter, mampu melihat sejauh 300 meter (perlu diketahui bahwa komodo hanya dapat melihat kedepan saja,apabila ia ingin melihat kesamping kiri atau kanan komodo harus memutar lehernya atau badannya.) air liur komodo mengandung 60 jenis bakteri dapat menyebabkan keracunan pada
darah dan mematikan



Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur

1. Sambal Ikan Teri

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Di daerah Ntt ikan teri cukup populer sehingga dijadikan makanan yang cukup familiar. Cara membuat makanan yang satu ini juga tidaklah susah. Pertama tama panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kamudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Sebenarnya resep paten untuk membuat makanan ini tidak ada karena cara membuatnya bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan selera masing masing.

2. Seafood

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Seperti dijelaskan diatas bahwa provinsi ini terdiri dari pulau pulau tentu saja banyak warga di pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan. Banyak makanan khas yang berbahan dasar hewan laut. Beberapa contohnya ialah Gurami asam manis lalu ada tongkol bakar. Saya pernah mencoba olahan ikan di daerah Manggarai dan saya yakin rasanya sangat enak bukan karena bumbunya. tapi karena ikan yang diperoleh masih segar dan rasanya berbeda dengan ikan yang sudah disimpan yang mmebuat rasanya lebih nikmat..
Selain itu kamu juga bisa tahu bagaimana kehidupan nelayan di NTT.

3.Tumisan

Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
 Selain itu daerah ini juga makanannya cukup banyak yang merupakan tumisan seperti plecing kangkung. Selain itu juga ada kuliner yang cukup unik yaitu tumis bunga pepaya. Saya yakin belum banyak yang pernah mencoba makanan khas yang satu ini. Rasanya cukup unik dahulu saya berberapa kali mencobanya dan saya jarang menemukan makanan yang rasanya hampir sama jadi makanan ini cukup unik.

CIRI KHAS NTT
1. Mayoritas Penduduknya beragama Kristen
Mayoritas penduduk Kupang menganut agama Kristen dan banyak sekali kita menemukan geraja serta makanan “nasi babi” disepanjang jalan. Kalau saat musim Natal dan Tahun Baru, daerah Kupang indah dipenuhi oleh lampu hias pohon natal. Penduduk lainnya beragama Islam, dan Hindu. Sedangkan masyarakat yang ada berasal dari Rote, Flores dan kebanyakan pendatang berasal dari Jawa. Dan jangan khawatir, toleransi beragama di Kupang sangat bagus sehingga Kupang tempat yang aman untuk dikunjungi. Selain itu walau mayoritas beragama Kristen, makanan halal mudah juga kok dijumpai karena banyaknya pendatang dari Jawa yang berjualan di Kupang.

Pemandangan Kupang
Pemandangan Kupang

2. Suasana malam Kupang Ramai
Dunia malam Kupang sangat hectic atau ramai, masyarakat lokal Kupang suka dengan suasana malam, banyak pedagang yang berjualan, dan penduduk Kupang sangat konsumtif dan suka makan. Pasar malam yang terkenal ialah Kampung Solor yang merupakan tempat untuk berburu kuliner di Kupang. Disepanjang Kampung Solor terdapat para pedagang makanan seperti seafood, bakso, mie ayam, sate, tahu tek, gado-gado, aneka kue serta makanan lainnya. Untuk makanan khas Kupang atau kuliner khas Kupang yaitu sei (daging) serta madu karena begitu banyak penjual madu di Kupang dan rata-rata Madunya asli dengan harga murah.

Suasan Malam Kupang, Kampung Solor
Suasan Malam Kupang, Kampung Solor

3. Gaya Rambut ala Rock
Masyarakat Local Kupang khususnya yang laki-laki mulai dari anak kecil sampai dewasa suka dengan gaya rambut ala “rock” atau “puck” yaitu dengan potongan rambut yang nyentrik, seperti jambul kakak tua.

Gaya rambut ala Kupang
Gaya rambut ala Kupang

4. Negeri Karang
Kupang terkenal dengan karangnya, disepanjang jalan pasti melihat karang di hamparan pantai indah dengan pasir putihnya. Uniknya masyarakat Kupang tidak repot untuk membangun rumah, cukup membangunnya diatas karang, jadi deh rumahnya! Ciri khas lain dari masyarakat Kupang yaitu sangat kreatif mereka membuat pagar dari kumpulan yang disusun membentuk pagar karang.

Karang Kupang
Karang Kupang

5. Sambal Khas Kupang “Pedas Asam”
Orang Kupang suka makanan pedas kalau bahasa Kupanganya “pedis”, namun saya secara pribadi yang pecinta masakan pedas karena lidahku lidah Batak, tidak menyukai sambal khas Kupang karena rasanya yang pedas tapi asam sekali. Kalau mau mencoba sambal Kupang sebaiknya sedikit karena rasanya begitu asam, takutnya tidak cocok dilidah.

6. Ciri khas penduduk lokal yang skinny
Penduduk lokal berkulit gelap, rambut ikal dan keriting, dan rata-rata gadis Kupang atau dipanggil “Nona Kupang” itu  skinny (kurus). Warna kulit orang Kupang gelap kerena kondisi alam Kupang yang panas dengan iklim pantai, air Kupang juga merupakan air kapur sehingga untuk mandi tidak terasa keset.

Penduduk Lokal Kupang
Penduduk Lokal Kupang

7. Pakaian adat Kupang mirip Pakaian Adat Batak
Ada kesamaan dalam hal pakaian adat Kupang dengan Batak, sama-sama ditenun dengan tangan, bedanya hanya di motif. Orang Kupang suka menenun lalu dijajakan oleh kakek tua/pemuda dari rumah ke rumah, sebagian dijual di toko dengan harga berkisar Rp100rb hingga Rp500rb tergantung kualitas tenunan.

Baju Adat Kupang
Baju Adat Kupang

8. Suka Dance
Hampir rata-rata orang Kupang pandai berjoget alias menari. Rata-rata penduduk Kupang pandai menarikan “shuffle dance” dan mereka sangat lihai, mualai dari anak kecil hingga dewasa bisa menarikan shuffle dance. Aku paling kagum dengan gaya tarian orang Kupang, keren banget!

9. Nomor Angkot
Orang Kupang memanggil angkot dengan sebutan “oto” dan ciri khas Kupang ialah kalau mengatakan nomor angkot bakalan mengatakan “lampu berapa”, kalau lampu 6 berarti itu angkot bernomor 6. Ongkos naik angkot di Kupang cukup membayar Rp1000 sampai Rp2000. Kalau naik oto lampu 6 berarti ke Ramayana (sering dibilang Mall, kalau di Kupang), Kalau lampu 1 berarti ke Kuanino.

sumber: hikmahpharmacy.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar